Access Control Pintu Menggunakan Kartu RFID

Access Control Pintu Menggunakan Kartu RFID saat ini sudah banyak digunakan sebagai salah satu tambahan keamanan untuk di rumah, apartemen hingga perkantoran. Kartu RFID salah satu pilihan untuk membuka Access Control Pintu selain Keypad, Fingerprint, dan Face Recognition.

Pada pembahasan kali ini, saya akan mengenalkan access control pintu menggunakan Kartu RFID, untuk metode yang lainnya akan dibahas dihalaman terpisah.

Kartu RFID atau Radio Frequency Identification Card adalah Kartu Pengenal Frekuensi Radio. Dimana teknologi RFID banyak digunakan sebagai sarana untuk menyimpan dan mengirim data yang sudah tersimpan didalam Chip RFID. Kartu RFID yang sering digunakan untuk Access Control adalah kartu yang memiliki frekuensi radio 13,56 Mhz dan 125 Khz.

Frekuensi Kartu RFID 13,56 Mhz banyak disebutnya dengan kartu Mifare, walaupun jenis kartu lain dengan Frekuensi 13,56 Mhz bukan hanya Mifare. Begitu juga dengan Kartu RFID yang bermain di Frekuensi 125 Khz, teman-teman dilapangan yang suka memasangan Access Control pintu menyebutnya dengan kartu Proxy. Ya, walaupun bukan hanya kartu proxy yang menggunakan  frekuensi 125 Khz.

Terlepas dari dua jenis kartu itu. Terdapat sebuah Access Control Pintu yang memiliki banyak jenisnya. Ada Access Control yang membutuhkan Komputer untuk melakukan konfigurasunya, ada juga yang tidak atau disebut dengan Standalone. Kedua jenis ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dilapangan.

Salah satu contoh; Jika anda punya project memasangan access control dengan jumlah pintu yang lebih dari 1 dan jarak nya berjauhan, maka menggunakan Access Control Pintu yang menggunakan jaringan bisa lebih mempermudah saat mendapaftarkan kartu ke masing-masing Access Control Pintu. Sehingga tidak perlu mendatangi satu per satu pintu untuk melakukan registrasi kartunya.

Tapi, kalau anda hanya membutuhkan akses pintu yang jumlah kartunya tidak banyak atau hanya 1 atau dua pintu saja, Standalone cukup untuk digunakan.

Apakah Access Control Pintu Menggunakan Kartu RFID ini sangat aman? Pembahasan berikutnya akan saya bahas mengenai sisi keamanan Access Control Pintu Menggunakan Kartu RFID.

Sampai jumpa dipembahasan berikutnya.  😊😊😊😊



Belum ada Komentar untuk "Access Control Pintu Menggunakan Kartu RFID"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel